Sabtu, 12 Januari 2013

bermanfaat


Sebagai pengguna komputer, sebuah software yang tidak bekerja sebagaimana mestinya merupakan salah satu masalah yang sering ditemui. Apalagi jika kamu ingin atau telah menginstall Game PC dan ternyata game tersebut tidak dapat dimainkan. Menyebalkan, bukan? Berbagai masalah dapat kamu temui, mulai dari error saat instalasi, tidak dapat dimainkan atau crash pada sistem sehingga tidak dapat dimainkan.Mengatasi Game PC yang Tidak Dapat DijalankanPC game merupakan ‘software’ pada komputer, sehingga memang terdapat kemungkinan adanya error pada file atau sistem. Sebenarnya tidak sulit untuk menyelesaikan atau mencegah masalah seperti ini. Kamu hanya perlu melakukan beberapa pengecekan dan perbaikan software yang diperlukan.   Berikut adalah penyebab software game tidak dapat dijalankan pada PC kamu :  

Software Anti-Virus dan Anti-Malware

Mengatasi Game PC yang Tidak Dapat DijalankanSoftware Anti – Virus bertujuan untuk melindungi PC kamu dari serangan berbahaya dari virus atau malware yang mungkin kamu temui. Namun tentunya software Antivirus tentu saja jauh dari sempurna. Terkadang ada celah yang bisa ditembus oleh virus dan terkadang terjadi false alarm atau kesalahan deteksi. Karena itu, terkadang beberapa software Antivirus salah mendeteksi file – file yang ada dalam program PC game sebagai malware atau file berbahaya sehingga menyebabkan program tidak dapat diakses. Untuk menyelesaikan masalah ini, kamu bisa memasukkan data whitelist ke dalam program antivirus kamu, atau menonaktifkan antivirus secara sementara, selama kamu membuka program game tersebut.  

Sistem Operasi

Mengatasi Game PC yang Tidak Dapat DijalankanDalam beberapa kasus, software game PC tidak dapat dijalankan karena membutuhkan sistem operasi yang lebih tinggi dibandingkan yang ada pada PC kamu. Contohnya, game yang membutuhkan aplikasi DirectX 11 tidak akan dapat dijalankan dengan baik pada Windows XP atau Vista, karena DirectX 11 hanya dapat dijalankan mulai dari sistem operasi Windows 7. Solusi untuk permasalahan yang satu ini adalah upgrade sistem operasi PC kamu ke sistem operasi terbatu yang dapat mendukung game tersebut.  

Hardware

Mengatasi Game PC yang Tidak Dapat DijalankanMasalah yang satu ini bukan berasal dari software atau perangkat lunak yang ada PC kamu. Singkatnya, PC atau laptop yang kamu miliki tidak cukup kuat untuk membuka program game tersebut. Contoh singkatnya, kamu tidak bisa memainkan game dengan spesifikasi hardware tinggi seperti Skyrim atau Call of Duty menggunakan laptop dengan spesifikasi hardware standard.  Selain itu, PC desktop yang sudah cukup ‘tua’ pun bisa jadi tidak dapat membuka program game dengan spesifikasi tinggi tersebut. Cara terbaik untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan memastikan spesifikasi yang dibutuhkan oleh program game yang kamu inginkan sudah sesuai dengan PC atau laptop yang kamu miliki, agar tidak menyesal ketika setelah membeli sebuah game tapi ternyata tidak dapat dimainkan. Solusi lainnya adalah dengan mengupgrade komponen pada PC kamu agar sesuai untuk memainkan game tersebut. Yang perlu diperhatikan disini adalah graphic card atau kartu grafis dan RAM pada PC kamu. Namun, jika PC kamu memang sudah terlalu lama, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk mengganti PC baru dengan teknologi yang lebih baik.  

Graphic Driver

Mengatasi Game PC yang Tidak Dapat DijalankanJika spesifikasi hardware PC kamu sudah memenuhi syarat namun masih bermasalah ketika menjalankan program game tersebut, permasalahan biasanya terletak pada driver graphic card kamu. Hal ini biasanya ditemui pada game yang baru rilis. Driver kartu grafis/ graphic card biasanya akan diupdate secara berkala oleh pengembangnya untuk memperbaiki bug. Graphic card seperti AMD atau nVidia dapat dengan mudah kamu update dengan mendownload driver terbaru dari websitenya masing – masing. Ini merupakan salah satu saran penting ketika membeli graphic card untuk PC kamu. Pastikan kamu menggunakan salah satu dari pembuat graphic card yang bonafit untuk memastikan kemudahan update driver di kemudian hari. Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengupdate driver graphic card kamu dengan mendownload file yang disediakan di website resminya, atau silakan download driver dari JalanTikus.  Download driver grafis (graphic card) AMD terbaru disini. Download driver grafis (graphic card) nVidia disini.  

Tips Lainnya

Hal – hal diatas adalah permasalahan yang paling ditemui ketika PC kamu bermasalah menjalankan program game. Perhatikan juga detail kecil lainnya ketika ingin menginstall atau menjalankan PC game, seperti kapasitas harddisk yang dibutuhkan, system requirement hardware dan software tiap game. Informasi semacam ini biasanya disediakan di bagian system requirement game. Pastikan kamu memeriksa bagian ini sebelum memutuskan untuk membeli suatu game PC

1 komentar:

  1. BERMINAT SALING FOLLOW GAN,..?
    SILAHKAN KOMEN DI BLOG ANE
    >>http://munsypedia.blogspot.com/

    BalasHapus